Senin, 05 Desember 2016

PATAH HATI DISAAT JATUH HATI



PATAH HATI DISAAT JATUH HATI
Kena PHP di Trip pertama
Gak secuilpun gua ngerasa tertarik sama lu. Apalagi ngeliat tingkah lu yang narsis dan sok kegantengan padahal gak ganteng bikin gua ealfeel. Gua bergumam, “ni orang amit-amit banget sih. Gak ganteng tapi kepedean abis”. Gua gak tau lu kesandingan setan apa ko gencar banget penget deket ma gua. Lah gua lama-lama baper juga lu nempel ke gua sepanjang perjalanan trip, mulai dari jalan kaki naik-naik bukit ampe perjalanan di kereta. So pasti bukan ga sengaja kita duduk bareng, gua yakin ini ketidaksengajaan yang dirancang dan otomatis lu bisa bebas ceng-cengin gua deket-deket nanya ini itu yang gak jelas. Salahnya gua langsung baper aja ketika dideketin ama lu yang item dekil kerempeng dan tampang lu yang enggak banget buat gua.
Ok. Trip pertama gua bersama komunitas zzzzz (nama disamarkan) adalah ke Baduy. Dengan iming-iming melihat-lihat kunang-kunang dan wanita baduy bertenun. Konon wanita-wanita baduy memiliki kecantikan alami karena hidup mereka sangat jauh dan terlarang dari yang namanya bahan kimia. Alasan gua ikut trip gak lain dan gak bukan karena gua gak mau bosen di rumah secara gua baru aja resign dari kerjaan gua. Gua juga pengen nambah temen yang bikin hidup gua asik. Finally meskipun gak sempet liat kunang-kungang tapi gua cukup puas bisa trip kesana. Juga yang katanya wanita baduy cantik-cantik, sekilas di baduy dalam, gua emang percaya mereka gak pake make up yang macem-macem. Cantiknya alami, saking alaminya keliatan pucet tanpa make up. Tapi, faktanya ketika gua liat wanita baduy luar, beeeuuuhhh menor abis. Gincu merah delima jadi ciri khas kebanyakan wanita disana. Dan gua sebagai cewek bisa liat mana make up alami dan mana make up kimiawi. hehe. lah sontak aja hati gua ceriwis, “ini gak mungkin bedak alami”. Jujur aja mereka emang cantik-cantik dan gua ngaku gua kalah cantik sama mereka. Tapi ya.. gua rasa wanita baduy luar pasti pake make up yang gak alami, bedak mereka super tebal keliatan banget bedanya kulit leher sama kulit muka. Belon lagi gincunya yang merona dan alis tebal gaya-gaya shincan. Sedikit aja yang kurang, mereka gak pake bulu mata anti baday dan jambul katulistiwa ala-ala Syahrini. Gua gak menyangkal mereka tetep keliatan anggun dengan sanggulnya yang cirikhas dan baju hitam-hitam yang mereka kenakan menambah pesona kenaggunan mereka, ampe Anggun C Sasmi aja kalah deh ama mereka.
Hal lain yang gua lihat dari kehidupan baduy adalah, rupanya mereka cukup cerdas memanfaat situasi. Padahal mereka gak pernah makan bangku sekolah. Yups… adalah bisnis dagang. Entah dari mana mereka belajar dagang. Gua akui barang-barang disana emang keren contohnya aja kain, gelang, cincin dan pernak pernik lainnya. Yang bikin gua agak kesel adalah harga barangnya yang gak bisa ditawar, udah gitu emang guanya ajah yang bawa duit pas-pasan sampe gak beli satu barangpun. Haha.
Ok kembali ke dunia dagang. Ketika rombongan trip gua datang, seketika orang-orang disana langsung nawarin berbagai macam produk mereka. Salah satunya yang menjadi cirikhas adalah madu. Temen-temen gua yang ceriwis langsung heboh menawar harga dan tentu aja minta tester madu buat dicoba. Gua sempet nyoba madunya dan menurut gua madunya gak alami karena yang gua rasain kental banget rasa gula merahnya. Entahlah. Gua sempet denger juga desas-desus madu buatan baduy ada campuran gula merahnya alias gak asli. Manisnya buatan. Ups.. gua lupa mau certain si manis yang alami yang gak ada duanya.
cepeh yang gak keren tapi sok keren yang seneng banget phpin cewek. Yah, bodohnya gua jadi korban php. Maklum setelah menjalani hidup yang berliku setelah hati ini dibiarin kosong sekian lama kayak lagunya Rhoma Irama.
Yok Kembali ke si hitam manis.
Gua gak sadar pada akhirnya setelah perjalanan trip usai, si dia semakin intens menghubungi setelah japri pertama di malam hari. Yah…. Bisa dibilang kebersamaan tanpa digital kita lalui melalui pesan yang mengudara lewat sinyal melalui whatsup.  Obrolan renyah pun kita lewati dengan segelas kehangatan saat senja berubah menjadi gelap.
Tiada hari tanpa ucapan selamat pagi.
Yups… si dia yang gua bilang enggak banget dan bikin ealfeel nyatanya bisa juga bikin gua ketergantungan nunggu ucapan selamat paginya. Sampe kita udah punya panggilan sayang. ‘pamud and mamud’ Gua gak tau dia punya resep apa sampe bisa banget pada akhirnya bikin gua terpesona. Awalnya ketika ngajak ketemuan selalu gagal karena gua yang pengangguran selalu saja pura-pura sok sibuk. Yang bikin baper banget-banget adalah si dia celalu aja kirim foto lewat WA apapun aktivitasnya. Ampe ketika kehujanan di motor pun dia kirim. Hm,,,, udah kayak ABG deh jadi kasmaran juga kan gua.
Gua yang agak bisa nulis puisi dikit kadang kalo dia telat menghubungi gua,  puisi-puisi gua yang mirip gombalan berhamburan numpuk di WA dia. Abis gimana lagi. Ternyata setelah mengenal dia, si dia orangnya asik juga. Entah dia datang di waktu yang tepat di hidup gua atau malah sebaliknya. Abisnya dua tahun belakangan gua lelah bergumul dengan sejumlah luka yang bikin gua sakit parah. Makanya gua mencoba membuka diri dengan cari-cari teman yang bisa bikin asik dan pada akhirnya gua menemukan komunitas yang bisa mengakrabkan gua dengan alam yang pada akhirnya gua sadar, Hati kecil bergumam, “ maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kan kau dustakan. ketika kau sibuk dengan segala keluh kesah, maka dengan keramahannya alam akan mengajakmu bersyukur dan menghela nafas lega”.

Dia dalam sudut pandang gua.
Dalam beberapa komunikasi yang terbilang singkat akhirnya kita berbagi kisah. Yang bikin gua gak keberatan dia deket ma gua adalah love story kita yang mirip. Mirip gak berarti sama. Mirip ya mirip ajah.
Si item tapi punya senyum yang super manis itu bagi gua adalah sosok manusia yang unik. Gua berkal-kali bilang ke dia, dan suatu saat dia nanya, “napa mau deket ma gua”, katanya santai. Ya gua jawab sederhana karena, “lu unik”.
Gua salut sama si dia yang selalu keliatan ceria padahal ga bisa dipungkiri dia pernah menjalani hidup yang berat. Si periang yang unik, supel sama semua orang baik dari kalangan muda ampe ibu-ibu dia deketin juga. Uhuk. Ya, meskipun konon katanya yang deket ma dia kebanyakan perempuan. Sisi lain yang gua liat adalah dia punya solidaritas yang tinggi terhadap teman. Ya mudah-mudahan aja penilaian gua gak salah karena gua kenal dia terbilang singkat dan gak terlalu dekat. Ya ini sudut pandang gua.

Yang lain tentang dia….
Entah kenapa gua ngerasa dia hidup sebatang kara yang kalau berbuat apapun gak ada yang ngingetin dia. Misalnya kuliahnya dia yang gak keurus, ato kesehatan dia ato apalah. Kadang gua merasa terpanggil buat perhatian sama dia. Abis dia orangnya selalu merasa kuat dan bisa serba sendiri saking mandirinya. Padahal menurut gua dia butuh orang lain buat bikin hidup dia stabil. (ciyeeee). Seolah keceriaan dia adalah alat untuk menyembunyikan hidup dia yang ‘sepi’. Dan gua semakin kagum melihat kemandirian dia dalam menjalani hidup. Gak dipungkiri juga hal negatif pasti ada aja. Namanya manusia gak ada yang sempurna. Yups… adalah omongan dia yang kadang pedes. Kalo ngomong gak pake mikir. Tapi gua pikir tipe orang kaya dia tipe apa adanya dan gua malah suka.
Kita putus sebelum jadian
Akhirnya kita bertemu. Dan… dan.. dan… kebaperan itu semakin bertambah. Tak banyak obrolan. yang terjadi adalah action. Ups!. Menurut gua dia tipe yang males diajak ngobrol serius. Maunya yang ringan-ringan yang bikin dia seneng. Padahal sesekali kita perlu serius melihat diri kita. Tapi ya itulah dia. Bukan si hitam senyum manis namanya kalo hidupnya gak dibikin asik. Singkat cerita setelah pertemuan itu gua selalu terbayang-bayang wajahnya(haha). Yups. Penilaian gua tentang dia di awal emang gak salah. Yang Salah adalah gua gak ngelihat sisi lain dia waktu itu. Dia emang item tapi gak ada yang bisa nyangkal nyatanya dia punya senyum yang super manis yang selalu bikin gua kangen. Dia emang gak ganteng. Tapi nyatanya dia punya pesona yang konon katanya cewek waiting listnya dia lumayan banyak. Dan sikap dia yang supel bikin baper.
And than.. singkat cerita. Di tengah malam WA gua bunyi. Isisnya adalah Info dari teman, meminta gua buat buka Instagram salah satu cewek (sebut saja dia mawar). Dan di IGnya ada tayangan video si hitam senyum manis lagi ngasih suprize romantis di acara ultah tuh cewek. Sontak gua yang lagi kasmaran ma dia langsung patah hati. Gua yang sangat ekspresif waktu itu tanpa basa-basi langsung menghubungi si hitam senyum manis dan meng-cut semuanya begitu aja tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu.
Itulah. Gua patah hati disaat jatuh hati. Pada saat yang bersamaan. siang harinya kita ketemu, malam harinya suprize itu datang. Dan gua mulai berpikir pandangan orang-orang tentang dia yang suka phpin cewek. Tapi hati ini terlanjur jatuh ke dia.
Yang bikin gua gak bisa lupa adalah senyum manisnya. Akibat kesombongan gua. Gua kira gak bakal jatuh hati ma si hitam senyum manis. Nyatanya gua jatuh hati juga. Sedihnya. Gua patah hati disaat gua jatuh hati.
Bhay!
---the end---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar